Realisasi Tindak Kesantunan Berbahasa Tenaga Kependidikan FKIP Tahun 2014

Pambudi , Erwan (2014) Realisasi Tindak Kesantunan Berbahasa Tenaga Kependidikan FKIP Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (567kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (719kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan realisasi kesantunan berbahasa tenaga kependidikan FKIP tahun 2014, mendeskripsikan pemenuhan prinsip kesantunan berbahasa yang diucapkan oleh petugas tenaga kependidikan FKIP terhadap mahasiswa tahun 2014, dan mengetahui persepsi mahasiswa dan alumni terhadap tindak kesantunan berbahasa tenaga kependidikan FKIP tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak, teknik catat, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan ekstralingual. Sumber data penelitian ini adalah tindak tutur tenaga kependidikan FKIP dengan mahasiswa serta alumni. Dalam penelitian ini adalah tuturan petugas tenaga kependidikan yang memenuhi prinsip kesantunan Leech. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan ektralingual. Dalam keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian realisasi tindak kesantunan berbahasa di kalangan tenaga kependidikan di lingkungan FKIP tahun 2014 menunjukkan bahwa tenaga kependidikan di lingkungan FKIP UMS memenuhi prinsip kesantunan Leech. Wujud bahasa yang digunakan para tenaga kependidikan mengandung tuturan santun, yaitu memperhatikan ungah-ungguh dalam berbicara, pemenuhan kewajiban dalam prinsip kesantunan, penggunaan muka positif dalam menjalankan pekerjaannya, meskipun sikap beberapa petugas tenaga kependidikan terlihat kurang ramah. Hasil dari persepsi mahasiswa menunjukkan bahwa tenaga kependidikan FKIP sudah masuk kategori santun tetapi harus lebih memperhatikan sikapnya, mahasiswa dan alumni mengatakan sebagian petugas tenaga kependidikan kurang ramah. Penulis berharap ada penelitian lanjutan yang lebih spesifik terhadap realisasi tindak kesantunan berbahasa tenaga kependidikan FKIP tahun 2014 dengan kajian yang lebih menarik dengan sampel yang lebih besar dan teknik analisis yang lebih baik, sehingga penelitian berikutnya akan jauh lebih sempurna. Penulis berharap agar pada saat melakukan penelitian langsung di lokasi penelitian penulis diberikan kemudahan dalam mendapatkan data dari sumber yang dituju.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: realisasi, kesantunan berbahasa, tenaga kependidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Oct 2014 13:28
Last Modified: 22 Oct 2014 16:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30574

Actions (login required)

View Item View Item