Analisis Kohesi Gramatikal Pengacuan Demonstratif Dalam Laporan Perjalanan Siswa Kelas VII F SMP 1 Muhammadiyah Kartasura

LESTARI, WAHYU (2014) Analisis Kohesi Gramatikal Pengacuan Demonstratif Dalam Laporan Perjalanan Siswa Kelas VII F SMP 1 Muhammadiyah Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (861kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (345kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF ( Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (597kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) Memaparkan pengacuan demonstratif tempat dalam Laporan Perjalanan Siswa Kelas VII F SMP 1 Muhammadiyah Kartasura, (2) Memaparkan pengacuan demonstratif waktu dalam Laporan Perjalanan Siswa Kelas VII F SMP 1 Muhammadiyah Kartasura, (3) Memaparkan jarak tempat yang dirujuk dengan tempat siswa, (4) Memaparkan jarak waktu yang dirujuk dengan waktu penulisan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan objeknya adalah kohesi gramatikal pengacuan demonstratif yang terdapat pada laporan perjalanan siswa kelas VII F SMP 1 Muhammadiyah Kartasura. Data pada penelitian ini yaitu berupa pengacuan demonstratif waktu, tempat, jarak tempat, jarak waktu dan sumber datanya adalah wacana pada Laporan Perjalanan siswa kelas VII F SMP 1 Muhammadiyah Kartasura. Metode dalam pengumpulan data penelitian ini adalah Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Data yang sudah terkumpul kemudian diklasifikasi berdasarkan demonstratif waktu dan tempat. Setelah teknik pengumpulan data kemudian menentukan teknik analisis data dengan menggunakan metode agih. Untuk validitas data menggunakan triangulasi sumber dan untuk teknik analisis data yaitu metode padan intralingual. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (a) Pemakaian demonstratif menunjuk tempat: tempat secara eksplisit, dekat dengan penutur, agak jauh dengan penutur, dan jauh dengan penutur. (b) Pemakaian demonstratif waktu: waktu kini, lampau, netral, dan waktu yang akan datang. (c) Jarak tempat yang dirujuk dengan tempat siswa dalam propinsi Jawa Tengah, luar propinsi Jawa Tengah, dan tempat tidak jelas. (d) Jarak waktu yang dirujuk dengan waktu penulisan siswa. Penulisan siswa pada bulan Januari 2014. Jarak waktu yang dirujuk pada bulan April 2013 jadi jarak yang dirujuk dengan waktu penulisan jauh yaitu 9 bulan, bulan Desember jarak yang dirujuk dekat karena jarak yang dirujuk dengan waktu penulisan 1 bulan, dan jarak waktu yang tidak jelas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: demonstratif waktu, demonstratif tempat, jarak waktu, dan jarak tempat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Oct 2014 13:05
Last Modified: 22 Oct 2014 17:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30571

Actions (login required)

View Item View Item