Perbedaan Kemampuan Berbahasa Antara Anak Usia 10-12 Tahun Yang Dididik Orang Tua Dan Anak Yang Dididik Saudara Di Desa Kedungwinong Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati

MANDYA WATI, RATNA (2014) Perbedaan Kemampuan Berbahasa Antara Anak Usia 10-12 Tahun Yang Dididik Orang Tua Dan Anak Yang Dididik Saudara Di Desa Kedungwinong Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan berbahasa anak usia 10-12 tahun yang dididik orang tua di Desa Kedungwinong Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati, (2) mendeskripsikan kemampuan berbahasa anak usia 10-12 tahun yang dididik saudara di Desa Kedungwinong Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati, dan (3) mengkaji perbedaan kemampuan berbahasa antara anak usia 10-12 tahun yang dididik orang tua dan anak yang dididik saudara di Desa Kedungwinong Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Desa Kedungwinong, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati dengan objek penelitian kemampuan berbahasa anak usia 10-12 tahun yang dididik orang tua dan anak yang dididik saudara. Sumber data dalam penelitian ini yaitu karangan anak usia 10-12 tahun yang dididik orang tua dan karangan anak yang dididik saudara di Desa Kedungwinong Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Metode pengumpulan data dengan metode simak, teknik yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah metode agih dan padan. Hasil penelitian ini ada tiga hal. Pertama, kemampuan berbahasa anak usia 10-12 tahun yang dididik orang tua di Desa Kedungwinong Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati dalam menulis karangan terdapat 64 kalimat yang memiliki ketepatan struktur dan 44 kalimat yang memiliki ketepatan kosakata. Kedua, kemampuan berbahasa anak usia 10-12 tahun yang dididik saudara di Desa Kedungwinong Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati dalam menulis karangan terdapat 64 kalimat yang memiliki ketepatan struktur dan 40 kalimat yang memiliki ketepatan kosakata. Ketiga, kemampuan berbahasa anak usia 10-12 tahun yang dididik orang tua lebih tinggi daripada kemampuan berbahasa anak usia 10-12 tahun yang dididik saudara di Desa Kedungwinong Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Struktur kalimat anak yang dididik orang tua lebih sering menggunakan struktur kalimat luas sedangkan anak yang dididik saudara lebih sering menggunkan kalimat sederhana. Kalimat yang ditulis anak yang dididik orang tua lebih tepat kosakatanya daripada kalimat yang ditulis anak yang dididik saudara dengan perbandingan 44:40.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbahasa, anak usia 10-12 tahun, dididik orang tua, dididik saudara
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 20 Oct 2014 13:32
Last Modified: 20 Oct 2014 13:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30548

Actions (login required)

View Item View Item