Analisis Pengintegrasian Pendidikan Kecakapan Hidup Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

MUCHLASIN, TOHAR and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum, and , Dra. Atiqa Sabardilla, M.Hum (2014) Analisis Pengintegrasian Pendidikan Kecakapan Hidup Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (404kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (710kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (288kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan bentuk pengintegrasian pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI MAN 2 Surakarta tahun 2013/2014 dan 2) mengidentifikasi kendala-kendala yang menghalangi terwujudnya pengintegrasian tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitiankualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan metode observasi partisipatif, wawancara. dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan beberapa hasil. 1) Bentuk pengintegrasian pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MAN 2 Surakarta dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. a) Bentuk perencanaan pembelajaran kecakapan hidup di kelas XI MAN 2 Surakarta dikembangkan sesuai dengan kompetensi dasar (KD). Indikator telah memuat berbagai kecakapan sesuai KD. Penanaman nilai karakter direncanakan dalam setiap KD. b) Bentuk pelaksanaan pembelajaran kecakapan hidup di kelas XI MAN 2 Surakarta menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual karena pembelajaran berpusat kepada peserta didik dan selalu menghubungkan materi ajar dengan pengalaman peserta didik. Metode pembelajaran di kelas XI MAN 2 Surakarta menggunakan metode tanya jawab, inkuiri, pemodelan, latihan keterampilan, dan ceramah. Metode pembelajaran tersebut juga merupakan komponen pembelajaran kontekstual. c) Penilaian kecakapan hidup di kelas XI MAN 2 Surakarta cenderung menggunakan penilaian kelas. Bentuk penilaian kelas yang berbasis kecakapan hidup menggunakan penilaian unjuk kerja, penilaian produk, penilaian proyek, dan penilaian tertulis. Bentuk penilaian disesuaikan kompetensi/kecakapan yang diukur. 2) Kendala pengintegrasian pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MAN 2 Surakarta meliputi sarana prasarana, finansial, dan sumber daya manusia. a) Sarana prasarana yang menjadi kendala adalah tidak adanya lab. khusus bahasa Indonesia, ruang pementasan drama, serta kurangnya alat-alat pendukung pembelajaran. b) Masalah finansial yang menjadi kendala adalah kemampuan ekonomi peserta didik yang terbatas. c) Sumber daya manusia yang menjadi kendalan antara lain: pelatihan terhadap guru kurang instensif; kurang kreatifnya guru menggunakan alat peraga; guru kurang memperhatiakan keinginan siswa; peserta didik yang bandel dan sulit diatur; serta peserta didik yang kurang motivasi belajar dan kurang memahami pentingnya pembelajaran kecakapan hidup.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengintegrasian, Pendidikan Kecakapan Hidup, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 20 Oct 2014 12:07
Last Modified: 20 Oct 2021 01:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30543

Actions (login required)

View Item View Item