Upaya Peningkatan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Giving Question and Giving Answer (PTK pada Siswa Kelas XI Otomotif A Semester Genap SMK Harapan Kartasura Tahun 2013/2014)

Sunendar, Tri Adhi (2014) Upaya Peningkatan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Giving Question and Giving Answer (PTK pada Siswa Kelas XI Otomotif A Semester Genap SMK Harapan Kartasura Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (391kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (330kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Giving Question And Giving Answer pada siswa kelas XI OA SMK Harapan Kartasura tahun ajaran 2013/2014. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 37 siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif, yaitu proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut : 1) siswa mampu menyampaikan ide dengan lisan sebelum tindakan 13,51% dan akhir tindakan 32,43%, 2) siswa mampu menyampaikan ide dengan tulisan sebelum tindakan 10,81% dan akhir tindakan 27,07%, 3) siswa mampu mengekspresikan ide melalui simbol, tabel, diagram atau gambar sebelum tindakan 5,41% dan akhir tindakan 21,62%. Hasil uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Giving Question And Giving Answer dapat meningkatkan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas XI OA SMK Harapan Kartasura tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, Giving Question And Giving Answer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 17 Oct 2014 15:09
Last Modified: 17 Oct 2014 15:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30532

Actions (login required)

View Item View Item