Penerapan Model Pembelajaran Knisley dengan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik (PTK bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP N 2 Teras Tahun 2013/ 2014)

WIBOWO, SIGIT ADI (2014) Penerapan Model Pembelajaran Knisley dengan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik (PTK bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP N 2 Teras Tahun 2013/ 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (651kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (558kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi matematik siswa kelas VIII N 2 Teras dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Knisley dengan metode Brainstorming. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru yang bertindak sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas VII B yang berjumlah 35 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan,wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode alur, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan tekhnik triangulasi. Data hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan komunikasi matematik pada siswa. Adanya peningkatan komunikasi matematik siswa dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa menjelaskan ide/ gagasan secara lisan atau tulisan dari kondisi awal (20%) meningkat menjadi (77,14%), 2) kemampuan siswa menyatakan suatu situasi, gambar, diagram, atau benda nyata ke dalam bahasa, simbol, ide, atau model matematika dari kondisi awal (20%) meningkat menjadi (68,57%), 3) kemampuan siswa mendengarkan dan berdiskusi tentang matematika dari kondisi awal (22,86%) menjadi menjadi (71,43%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Knisley dengan metode Brainstorming dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Knisley, Brainstorming, komunikasi matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 17 Oct 2014 14:20
Last Modified: 17 Oct 2014 14:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30529

Actions (login required)

View Item View Item