Peran Unit BINMAS (Unit Pembinaan Masyarakat) Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Pelajar (Studi Kasus Pada Polsek Kerjo Kabupaten Karanganyar)

Setyawan,, Andi and , Drs. H. Sutan Syahrir Zabda, M.H. (2014) Peran Unit BINMAS (Unit Pembinaan Masyarakat) Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Pelajar (Studi Kasus Pada Polsek Kerjo Kabupaten Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (291kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (503kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Unitbinmas dalam menanggulangi kenakalan remaja pelajar pada Polsek Kerjo Kabupaten Karanganyar, mendeskripsikan hambatan yang dialami Unitbinmas dalam menanggulangi kenakalan remaja pelajar pada Polsek Kerjo Kabupaten Karanganyar, dan mendeskripsikan solusi yang dilakukan Unitbinmas dalam menanggulangi kenakalan remaja pelajar pada Polsek Kerjo Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan sumber data dari Kapolsek, Kanitbinmas, anggota Unitbinmas Polsek Kerjo Kabupaten Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan arsip atau dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Metode penelitian ini menggunakan teknik interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan Unitbinmas Polsek Kerjo Kabupaten Karanganyar dalam menanggulangi kenakalan remaja pelajar dengan melalui bimbingan penyuluhan yang diadakan di sekolah tingkat menengah pertama dan menengah atas/kejuruan; 2) Hambatan yang dialami Unitbinmas Polsek Kerjo Kabupaten Karanganyar berupa kurangnya anggota Unitbinmas, kurangnya partisipasi warga, kurangnya pemahaman remaja terhadap tujuan pencak silat sehingga menyebabkan maraknya perkelahian antar remaja, dan kurangnya partisipasi dari guru dan pihak sekolah dalam mengatasi kenakalan remaja pelajar; 3) Solusi yang dilakukan Unitbinmas Polsek Kerjo Kabupaten Karanganyar dalam menanggulangi kenakalan renaja pelajar yaitu dengan mengadakan rutin kegiatan bimbingan penyuluhan mulai dari MOS (Masa Orientasi Siswa), karang taruna setiap satu bulan sekali, menghadiri pertemuan pencak silat setiap dua bulan sekali. Mengadakan kerja sama dengan guru, pihak sekolah, warga masyarakat, orang tua, serta instansi pemerintahan yang terkait dalam upaya menanggulangi kenakalan remaja pelajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Unitbinmas, Kenakalan, Remaja Pelajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Oct 2014 12:06
Last Modified: 19 Oct 2021 06:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30516

Actions (login required)

View Item View Item