Realisasi Simpan Pinjam Untuk Ibu Rumah Tangga Sebagai Modal Usaha Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Melalui PNPM-MP (Studi Kasus di Dukuh Pelemrenteng RT07/RW02 Desa Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali)

Jannah,, Nurul and , Dra.Sri Arfiah, SH. MPd. (2014) Realisasi Simpan Pinjam Untuk Ibu Rumah Tangga Sebagai Modal Usaha Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Melalui PNPM-MP (Studi Kasus di Dukuh Pelemrenteng RT07/RW02 Desa Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publiasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (426kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan peran program PNPM-MP. 2. Mendiskripsikan pelaksanaan program PNPM-MP. 3. Mendeskripsikan kendala pelaksanaan program PNPM-MP. 4. Mendiskripsikan solusi dalam menghadapi kendala pelaksanaan program PNPM-MP yang kesemuanya untuk Ibu rumah tanga sebagai modal usaha dalam meningkatkan kesejahteraan di Dukuh Pelemrenteng Rt07/Rw02, Desa Kacangan, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan sumber data dari informan atau narasumber, tempat peristiwa serta dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan mengkaji dokumen atau arsip. Untuk keabsahan data menggunakan uji keabsahan data triangulasi, yaitu triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Analisisnya menggunakan analisis interaktif yang digunakan untuk memaparkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Peran program PNPM-MP untuk ibu rumah tangga sebagai modal usaha di Dukuh Pelemrenteng Rt07/ Rw02, Desa Kacangan, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga sesuai indikator kesejahteraan keluarga III menurut BKKBN. 2. Pelaksanaan program PNPM-MP khusus ibu rumah tangga sebagai modal usaha dimulai dari pengajuan proposal pinjaman sampai akhirnya mengangsur bulanan sampai 1-1,5 tahun. 3. Kendala yang dihadapi adalah nasabah dalam terlambatnya pencicilan atau macetnya angsuran perbulan atau digunakan sebagai konsumtif. 4. Solusi dalam menghadapi kendala adalah memberikan pembinaan kelompok secara administrasi, kemudian melakukan pengawasan terhadap suatu kelompok yang mengalami keterlambatan angsuran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesejahteraan keluarga, simpan pinjam,ibu rumah tangga, modal usaha, PNPM-MP
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Oct 2014 11:59
Last Modified: 19 Oct 2021 06:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30513

Actions (login required)

View Item View Item