Penanaman Karakter Disiplin Dan Patriotisme Dalam Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 4 Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014)

Setiawan, Agus (2014) Penanaman Karakter Disiplin Dan Patriotisme Dalam Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 4 Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (823kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (266kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (646kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan gerakan kepanduan Hizbul Wathan sertabentuk-bentuk penanaman karakter disiplin dan patriotisme dalam gerakan kepanduan Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah 4 Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menerapkan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama pelaksanaan kegiatan gerakan kepanduan Hizbul Wathan ditunjukkan dengana) Kehadiran anak di sekolah untuk mengikuti Hizbul Wathan yang dicerminkan pada sikap taat terhadap peraturan, b) Ketepatan waktu mengikuti Hizbul Wathan merupakan modal yang sangat penting dalam memperoleh kesuksesan, c) Memakai seragam Hizbul Wathan dengan lengkap dan rapi, d) Disiplin dalam tata tertib Hizbul Wathan, e) Menggunakan produk buatan dalam negeri untuk mengajarkan siswa untuk mencintai produk-produk dalam negeri, f) Menggunakan bahasa dengan baik dan benar dalam mengikuti Hizbul Wathan, g) Menyediakan informasi tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia. Hasil penelitian yang kedua bentuk-bentuk penanaman karakter disiplin dan patriotisme dalam gerakan kepanduan Hizbul Wathan ditunjukkan dengana) Memberi peringatan serta keteladanan, b) Memberikan arahan, peringatan, dan nasehat, c) Memberikan arahan, nasehat dan selalu diperingatkan untuk memakai seragam Hizbul Wathan dengan lengkap dan rapi, d) Memberikan nasehat, peringatan, sanksi apabila siswa melakukan pelanggaran, e) Memberi pengetahuan tentang produk-produk buatan dalam negeri dan luar negeri, mengajarkan siswa untuk mencintai produk-produk dalam negeri, f) Pembina menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, dalam menulis siswa disarankan berpedoman pada ejaan yang disempurnakan, g) Menyediakan informasi melalui media cetak maupun media elektroni.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penanaman, karakter, disiplin, patriotisme, gerakan kepanduan Hizbul Wathan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Oct 2014 11:35
Last Modified: 17 Oct 2014 11:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30510

Actions (login required)

View Item View Item