Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014)

Setiawan, Romas Ade and , Dra. Hj. Sri Gunarsi. SH. MH. (2014) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (764kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VII, 2) Mendiskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi. Pertama trianggulasi sumber data yang berupa informan dati tempat, peristiwa, dan dokumen. Kedua trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai upaya guru dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Sambi Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat ditarik kesimpulan: 1) Upaya guru meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa, meliputi: menegaskan tata tertib sekolah, guru harus menjadi tauladan yang baik bagi siswa, memberi penjelasan bahwa mencatat itu penting, Mengingatkan kepada siswa yang tidak mencatat, Memancing siswa untuk mencatat dengan cara adanya penilaian terhadap buku catatan, Menanamkan nilai dan moral kepada diri siswa, Memposisikan diri sebagai sosok yang disegani siswa bukan ditakuti, Menekankan kepada siswa bahwa perilaku siswa juga dijadikan bahan penilaian, Guru harus pandai mengkombinasikan antara materi, media, serta strategi pembelajaran yang digunakan, menggunakan strategi-strategi pembelajaran yang aktif, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. 2) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, meliputi: kurangnya minat siswa untuk belajar, transportasi yang kurang memadai, gangguan dari siswa-siswa yang berwatak bandel, pengaruh ketidak disiplinan kelas lain, adanya geng di dalam kelas

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, kemampuan psikomotorik, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Oct 2014 08:31
Last Modified: 19 Oct 2021 05:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30506

Actions (login required)

View Item View Item