Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Melalui Strategi Pembelajaran Questions Student Have Pada Siswa Kelas VIII G SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Suryanto, Dedik and , Joko Suwandi, SE, M.Pd. (2014) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Melalui Strategi Pembelajaran Questions Student Have Pada Siswa Kelas VIII G SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui strategi pembelajaran question student have berbasis tugas terstruktur dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas VIII G SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis deskripstif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas VIII G SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dengan jumlah 28 siswa. Subjek pelaksanaan tindakan adalah guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dibantu oleh peneliti. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis kritis dan teknik komparasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan strategi pembelajaran questions student have berbasis tugas terstruktur. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Perhatian siswa terhadap penjelasan guru, 2) Kemampuan siswa mengemukakan pendapat, 3) memberikan gagasan yang cemerlang, 4) Saling membantu dan menyelesaikan masalah. Sebelum pelaksanaan siklus rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 23,21%. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 45,57%. Pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 77,68%. Hal ini berarti peningkatan keaktifan belajar siswa melebihi indikator pencapaian yakni 60%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran questions student have berbasis tugas terstruktur dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas VIII G SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stategi pembelajaran question student have berbasis tugas terstruktur, keaktifan belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Oct 2014 08:16
Last Modified: 13 Oct 2021 12:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30505

Actions (login required)

View Item View Item