PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KARAKTERISTIK KATEGORI, DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK KOSMETIK (Uji Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Iftitah, Riya (2009) PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KARAKTERISTIK KATEGORI, DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK KOSMETIK (Uji Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100050144.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img]
Preview
PDF
B100050144.pdf

Download (38kB)
[img] Microsoft Word
B100050144.doc

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Kategori Produk, dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Keputusan Perpindahan Merek kosmetik dan faktor apakah yang paling dominan mempengaruhi keputusan perpindahan merek kosmetik? Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga terdapat pengaruh antara ketidakpuasan konsumen, karakteristik kategori produk, dan kebutuhan mencari variasi terhadap perpindahan merek kosmetik dan diduga kebutuhan mencari variasi merupakan yang paling dominan mempengaruhi keputusan perpindahan merek kosmetik. Alat analisis dalam penelitian ini adalah analisa regresi berganda, uji t, uji F dan Koefisien Determinasi (R2). Berdasarkan hasil uji t bahwa variabel ketidakpuasan konsumen didapatkan Ho ditolak t hitung lebih besar dari t tabel (3,150 > 1,960) maka hal ini menunjukkan bahwa ketidakpuasan konsumen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan perpindahan merek maka secara signifikan ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan perpindahan merek. Hasil uji t bahwa variabel karakteristik kategori produk didapatkan Ho ditolak t hitung lebih besar dari t tabel (2,257 > 1,960) maka hal ini menunjukkan bahwa karakteristik kategori produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan perpindahan merek maka secara signifikan karakteristik kategori produk berpengaruh positif terhadap keputusan perpindahan merek. Hasil uji t bahwa variabel kebutuhan mencari variasi didapatkan Ho ditolak t hitung lebih besar dari t tabel (2,580 > 1,960) maka hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan mencari variasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan perpindahan merek maka secara signifikan kebutuhan mencari variasi berpengaruh positif terhadap keputusan perpindahan merek. Hasil uji t bahwa variabel ketidakpuasan konsumen dan kebutuhan mencari variasi didapatkan Ho ditolak t hitung lebih besar dari t tabel (3,740 > 1,960) maka hal ini menunjukkan bahwa ketidakpuasan konsumen dan kebutuhan mencari variasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan perpindahan merek maka secara signifikan ketiodakpuasan konsumen dan kebutuhan mencari variasi berpengaruh positif terhadap keputusan perpindahan merek. Hasil uji t bahwa variabel karakteristik kategori produk dan kebutuhan mencari variasi didapatkan Ho ditolak t hitung lebih besar dari t tabel (3,150 > 1,960) maka hal ini menunjukkan bahwa karakteristik kategori produk dan keputusan mencari variasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan perpindahan merek maka secara signifikan karakteristik kategori produk dan keputusan mencari variasi berpengaruh positif terhadap keputusan perpindahan merek. Berdasarkan hasil uji Fhitung > Ftabel (50,840 > 2,68), maka Ho ditolak berarti ada pengaruh secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan perpindahan merek (Y). Berdasarkan hasil Uji Determinasi sebesar 0,698, hal ini menunjukkan bahwa variabel ketidakpuasan konsumen (X1), karakteristik kategori produk (X2), kebutuhan mencari variasi (Z), ketidakpuasan konsumen dan kebutuhan mencari variasi (X1Z) dan karakteristik kategori produk dan kebutuhan mencari variasi (X2Z) mempunyai pengaruh terhadap variabel keputusan perpindahan merek sebesar 69,8%. Sedangkan sisanya (100% – 69,8% = 30,2%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Kategori Produk, Kebutuhan Mencari Variasi, Kepuasan Konsumen dan Kebutuhan Mencari Variasi, Karakteristik Kategori Produk dan Kebutuhan Mencari Variasi dan keputusan perpindahan merek.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 23 Jun 2009 05:12
Last Modified: 16 Nov 2010 18:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3050

Actions (login required)

View Item View Item