Hubungan Insomnia Dengan Tingkat StresPada Mahasiswi Tingkat Akhir Program Studi S1 Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Ulfah, Fitranda Hanina and , Dwi Rosella K, S.Fis., Ftr., M.Fis and , Wahyuni, SST.FT., M.Kes., (2014) Hubungan Insomnia Dengan Tingkat StresPada Mahasiswi Tingkat Akhir Program Studi S1 Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (544kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Insomnia merupakan gangguan tidur yang sering dikeluhkan. Gangguan tidur ini dapat mempengaruhi pekerjaan, aktivitas sosial dan status kesehatan bagi penderita. Insomnia temporer akibat dari situasi stres dapat menyebabkan kesulitan kronik untuk tidur yang cukup, mungkin disebabkan oleh kekhawatiran, stres dan kecemasan. Mahasiswi tingkat akhir biasanya dibebankan pada skripsi sebagai syarat memperoleh gelar sarjana. Tingkat kecemasan dan tekanan yang dialami mahasiswi dapat menyebabkan keadaan tidak dapat tidur pada malam hari. Mengerjakan sebuah skripsi telah menjadikan kebanyakan mahasiswi stres, takut, bahkan sampai frustasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan insomnia dengan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir Program Studi S1 Fisioterapi UMS. Jenis penelitian ini menggunakan observasional dengan desain cross sectional. Tempat penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Kesehatan Mahasiswa Jurusan S1 Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitan ini dilakukan pada bulan Juni 2014 dengan sampel sebanyak 30 mahasiswi tingkat akhir S1 Fisioterapi. Skala insomnia ini menggunakan Insomnia Severity Index (ISI) dan skala stres ini menggunakan Depression Anxiety and Stress Scale (DASS). Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Gamma. Ada hubungan antara insomnia dengan tingkat stres pada mahasiswi tingkat akhir Program Studi S1 Fisioterapi UMS. Terjadinya Insomnia pada Mahasiswi Tingkat Akhir Program Studi S1 Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta mayoritas sebanyak 13 orang mengalami insomnia sedang dengan presentase 16,7%. Tingkat Stres pada Mahasiswi Tingkat Akhir Program Studi S1 Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta mayoritas sebanyak 13 orang tidak mengalami stres atau normal dengan presentase 43,3%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Insomnia, Tingkat Stres
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 15 Oct 2014 11:52
Last Modified: 19 Oct 2021 12:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30484

Actions (login required)

View Item View Item