Analisa Aktivitas Manual Material Hanlding Sebagai Dasar Perancangan Alat Bantu Dalam Perbaikan Postur Tubuh Pada Operator Pengecoran Logam (Study kasus Home Industry pengecoran logam CV. Bonjor Jaya, Ceper, Klaten, Jawa Tengah )

Hidayat, Mufti (2014) Analisa Aktivitas Manual Material Hanlding Sebagai Dasar Perancangan Alat Bantu Dalam Perbaikan Postur Tubuh Pada Operator Pengecoran Logam (Study kasus Home Industry pengecoran logam CV. Bonjor Jaya, Ceper, Klaten, Jawa Tengah ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Muka.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (243kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peranan manusia sebagai sumber tenaga kerja pada industri manufaktur di masa sekarang ini masih dominan dalam melakukan aktivitas manual material handling (MMH). Walaupun memiliki banyak keunggulan, aktivitas (MMH) juga dapat mengakibatkan berbagai macam resiko terhadap keselamatan kerja apabila diterapkan pada kondisi lingkungan kerja yang kurang sesuai dengan adaptasi pekerja, alat yang kurang mendukung dan tidak ergonomis, serta sikap kerja yang salah. Pada perusahaan CV. Bonjor Jaya proses pengecoran logam dilakukan secara manual, yaitu melakukan proses pemindahan material menggunakan tongkat yang terbuat dari bambu dimana setiap siklus produksinya operator harus mengangkat beban yang bermasa 23,5 kg dengan posisi tubuh yang kurang ergonomis. Tujuan dari Penelitian ini adalah menganalisa aktivitas MMH terhadap operator pengecoran logam pada perusahaan CV. Bonjor Jaya. Metode-metode yang digunakan dalam analisa dari peneilitian ini adalah metode pengukuran denyut jantung untuk mengetahui seberapa besar beban kerja yang diterima operator pengecoran logam, metode NBM digunakan menganalisa keluhan muskuloskeletal, dan metode OWAS digunakan dalam mengalisa tingkat ergonomi dari posisi tubuh operator berupa posisi punggung, lengan, kaki, dan beban yang diangkat. Hasil dari penelitian ini adalah perbaikan dari desain alat bantu pengecoran logam dengan tujuan mengurangi tingkat keluhan yang sering diutarakan operator pengecoran logam. Penggunaaan perbaikan alat bantu pengecoran ini memungkinkan terjadinya perubahan dari metode kerja operator yang semula menggunakan sistem metode mengangkat beban berubah menjadi mendorong beban. Adanya perubahan dari metode kerja secara langsung juga dapat mempengaruhi posisi kerja yang semula posisinya tidak ergonomis berubah menjadi posisi yang ergonomis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manual Material Handling, Nordic Body Map, dan Ovako Working Analysis System
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Oct 2014 09:59
Last Modified: 15 Oct 2014 09:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30481

Actions (login required)

View Item View Item