Minimasi Waste Pada Sistem Produksi Kecap Lombok Merah Kemasan Botol Kaca Dengan Pendekatan Konsep Lean Manufacturing (Studi Kasus: PT. Lombok Gandaria)

Susanto, Yoko and , Mila Faila Sufa, S.T., M.T. and , Ida Nursanti, ST., M.Eng.Sc (2014) Minimasi Waste Pada Sistem Produksi Kecap Lombok Merah Kemasan Botol Kaca Dengan Pendekatan Konsep Lean Manufacturing (Studi Kasus: PT. Lombok Gandaria). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)

Abstract

PT. Lombok Gandaria tengah dihadapkan pada era globalisasi dan perkembangan industri yang sangat pesat dan ketat, untuk itu perusahaan haruslah memperhatikan kualitas produknya, karena masyarakat saat ini sudah mulai selektif terhadap produk yang akan dibelinya, dilihat dari manfaat, kualitas dan harga. Untuk dapat bersaing perusahaan harus memiliki strategi yang tepat dalam memproduksi produknya yang diharapkan konsumen agar dapat bertahan dalam persaingan pasar. Penelitian ini bertujuan memetakan jenis waste yang terjadi dalam value stream dan meminimasi waste yang terjadi. Dari upaya itu diharapkan penurunan waste dan peningkatan sistem produksi, berupa penurunan lead time maupun peningkatan produktivitas produksi. Lean manufacturing adalah pendekatan yang berupaya menghilangkan waste yang terjadi dalam value stream. Penggunaan value stream mapping tool dapat membantu untuk memetakan serta memvisualisasikan gambaran value stream perusahaan dan mengetahui waste yang terjadi serta aktivitas value added dan non value added. Dari penelitian yang sudah dilakukan diketahui lead time produksi kecap mencapai 182199 menit dan total lead time pemenuhan produk sampai ke konsumen atau distrik mencapai 34 hari. Dari total waktu untuk memproduksi kecap 97,84% adalah aktivitas value added atau sekitar 178264 menit dan sisanya sekitar 2,16 % atau sekitar 3934,69 menit adalah aktivitas non value added. Dari pemetaan yang sudah dilakukan kemudian diberikan usulan untuk mereduksi waste yang terjadi. Dari usulan terdapat penurunan waste yaitu trasportasi, delay dan terjadi peningkatan waktu operasi. Secara keseluruhan penurunan aktivitas non value added selama 679,59 menit atau 17,27 % dari total aktivitas non value added dan peningkatan lead time produksi dari 182199 menit menjadi 181485 menit.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Time, Lean Manufacturing, Value Stream Mapping Tool dan Waste.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Oct 2014 09:18
Last Modified: 17 Oct 2021 22:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30478

Actions (login required)

View Item View Item