Perancangan High Pass Damped Filter Pada Sistem Distribusi Standar IEEE 9 Bus Dengan Menggunakan Software Etap Power Station 7.0

Margareta, Indriana Zella and , Agus Supardi, S.T., M.T and , Aris Budiman, S.T., M.T. (2014) Perancangan High Pass Damped Filter Pada Sistem Distribusi Standar IEEE 9 Bus Dengan Menggunakan Software Etap Power Station 7.0. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (774kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (626kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)

Abstract

Sistem distribusi umumnya pada ujung-ujung saluran mengalami drop tegangan karena jarak sumber yang jauh ke beban ini mengakibatkan terjadinya rugi-rugi daya. Sehingga pada umumnya dipasang bank kapasitor untuk memperbaiki drop tegangan pada ujung-ujung saluran tersebut agar tegangan rata-rata saluran distribusi. Penggunaan bank kapasitor yang besar dan pemasangan beban nonlinier dapat menimbulkan permasalahan yang menurunkan kualitas daya listrik, yaitu harmonik. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis harmonik dan perancangan High Pass Damped Filter pada sistem distribusi standar IEEE 9 bus dengan cara melakukan simulasi dengan menggunakan Software ETAP Power Station 7.0. Penelitian dimulai dengan membuat model sistem distribusi dan memasukkan data-data parameter sistem ke dalam model tersebut. Kemudian dilakukan simulasi aliran daya untuk mengamati nilai dan arah aliran daya, simulasi analisis harmonik tanpa beban nonlinier dan dengan penambahan beban nonlinier, merancang high pass damped filter, dan pemasangan high pass damped filter pada sistem distribusi untuk mengurangi distorsi harmonik. Dari hasil simulasi harmonik akan diketahui pengaruh dari pemasangan beban nonlinier dan high pass damped filter pada sistem distribusi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa dengan adanya pemasangan beban nonlinier pada sistem distribusi mengakibatkan nilai Total Harmonic Distortion tegangan pada bus yang dekat dengan sumber harmonik mengalami kenaikan berkisar 7.11% dan meningkatkan rugi-rugi daya nyata. Setelah dilakukan perancangan dan pemasangan high pass damped filter tegangan mengalami penurunan yaitu 4.89% sehingga sesuai dengan batas standar distorsi harmonik pada sistem distribusi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis harmonik, high pass damped filter, sistem distribusi
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 13 Oct 2014 13:13
Last Modified: 17 Oct 2021 01:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30439

Actions (login required)

View Item View Item