Dasar-Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Muslimah Islamic Centre Di Kota Surakarta Dengan Penekanan Pada Arsitektur Tradisional Jawa

Yuliharti, Yuliharti and , Dr. Dhani Mutiari and , Ir. Alpha Febela P, MT (2014) Dasar-Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Muslimah Islamic Centre Di Kota Surakarta Dengan Penekanan Pada Arsitektur Tradisional Jawa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_baru.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan populasi agama Islam terbesar di dunia. Sehingga untuk mewadahi aktifitas keagamaan terutama Islam, pemerintah perlu menyediakan sarana dan prasarana guna menunjang aktifitas kegiatan tersebut. Salah satu contohnya adalah Masjid, Madrash, pondok pesatren, dan Islamic Centre. Dalam perturan MUI, seharusnya dalam tiap Kabupaten perlu diasediakan Islamic Centre. Sehingga bisa dijadikan sebagai wadah pusat perkembangan budaya Islam. Pengertian Islamic Centre sendiri adalah lembaga keagamaan yang merupakan pembinaan dan pengembangan agama Islam dan berperan sebagai mimbar pelaksanaan dakwah dalam Era pembangunan Nasional. Sehingga Pemerintah sangat perlu menyediakan fasilitas tersebut. Supaya bisa mengimbagi perkembangan perekonomian dan kemajuan Negara. Muslimah dalam pandangan Islam adalah seorang wanita yang sudah baligh dan memeluk agama islam. sehingga ada aturan-aturan tertentu bagi wanita yang berbeda dengan laki-laki. Salah satunya adalah Hijab wanita dalam Islam. Di dalam ajaran Islam wanita mempunyai batas aurat yang boleh dilihat dan tidak kepada muhrim dan bukan. Sehingga pengkhusuan Islamic Centre menjadi Muslimah Islamic Centre karena disediakan khusus wanita, agar dalam kegiatan di dalam area menjadi lebih fleksible dan leluasa. Kota Solo adalah salah satu kota yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan mempunyai banyak wadah pendidikan agama Islam. Berbagai pondok pesantren yang banyak ditemui di kota Solo. Sekolah-sekolah dan perguruan tinggi berbasis Islami juga mudah ditemui di kota ini. Oleh karena itu perlu adanya pemusatan kegiatan Islam sebagai wadah pengetahuan, pendidikan, kegiatan ibadah mu’amalah dan dakwah. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar pada khususnya dan para pelajar, mahasiswa, dan pengunjung pada umumnya yang ingin menambah wawasan pengetahuan tentang Islam. Kota Solo yang mempunyai Bangunan yang khas Tradisional Jawanya, menjadi acuan dalam penerapan desain bangunan. Karakteristik bangunan yang berbeda dengan daerah lain, menjadikan suatu titik tangkap dan memorial tersendiri bagi pra pengunjung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Islamic Centre, Muslimah Islamic Centre, Kota Solo, Arsitektur Tradisional Jawa.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Oct 2014 06:43
Last Modified: 15 Oct 2021 06:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30434

Actions (login required)

View Item View Item