Pengaruh Keputusan Keuangan Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2011)

YULIYANTI, LIZA and , Dr. Zulfikar, SE. M.Si (2014) Pengaruh Keputusan Keuangan Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (755kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (960kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara keputusan keuangan dan struktur kepemilikan terhadap nilai perusahaan. Adapun tujuan dari perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan melalui implementasi keputusan keuangan yang terdiri dari profitabilitas, keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen. Serta struktur kepemilikan perusahaan dapat mempengaruhi pencapaian tujuan perusahaan dan berarti pula mempengaruhi keputusan keuangan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari ICMD dan www.idx.com. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 perusahaan manufaktur yang go public di BEI dengan periode 2007-2011. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggnakan regresi berganda dan hipotesis diuji dengan t test da F test dengan tingkat signifikan sebesar 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa data yang digunakan di dalam penelitian ini telah memenuhi asumsi klasik, yang meliputi: terdistribusi normal, tidak terjadi multikolonearitas, tidak terjadi heterokedastisitas dan tidak terdapat autokorelasi. Dari hasil analisis regresi diperoleh pula hasil secara parsial bahwa variabel independen yaitu Hipotesis pertama (H1) Profitabilitas (ROE) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hipotesis kedua (H2) Keputusan Investasi (PER) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hipotesis ketiga (H3) Keputusan Pendanaan (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hipotesis keempat (H4) Kebijakan Dividen (DPR) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hipotesis kelima (H5) Kepemilikan Manajerial (MOW) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hipotesis keenam (H6) Kepemilikan Institusional (INS) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profitability, Investment Decisions, Financing Decisions, Dividend Policy, Managerial Ownership, Institusional Ownership, the FirmValue
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 08 Oct 2014 14:23
Last Modified: 18 Oct 2021 03:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30373

Actions (login required)

View Item View Item