Pengaruh Intervensi Pengendalian Dalam Sistem Pengendalian Manajemen Dan Kaitannya Dengan Kinerja Perusahaan (Studi Pada PDAM Kabupaten Wonogiri)

Nugroho, Fajar Agus and , Dr. Eko Sugiyanto (2014) Pengaruh Intervensi Pengendalian Dalam Sistem Pengendalian Manajemen Dan Kaitannya Dengan Kinerja Perusahaan (Studi Pada PDAM Kabupaten Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (821kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengendalian manajemen di perusahaan daerah air minum kabupaten wonogiri terhadap kinerja perusahaan dengan adanya intervensi pengendalian. Dalam penelitian ini pengaruh pengendalian hasil, pengendalian tindakan, pengendalian orang dan pengendalian budaya terhadap kinerja perusahaan diperiksa dan intervensi pengendalian diposisikan sebagai variabel moderating. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang dikirim kepada karyawan, dari manajemen puncak ke tingkat terendah. Penelitian ini menggunakan analisis regresi dan Moderated Regression Analysis (MRA) untuk menguji hipotesis. Penelitian ini menggunakan data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 36 responden yang berada di PDAM Kabupaten Wonogiri namun di outlier menjadi 22 responden yang dianalisis. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling yaitu dengan metode convenience sampling. Menguji hiptesis yaitu uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2). Namun terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengendalian hasil berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, sedangkan pengendalian tindakan, pengendalian orang dan pengendalian budaya tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan dengan intervensi pemerintah sebagai variabel moderating dengan taraf signifikan 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengendalian hasil, pengendalian tindakan, pengendalian orang, pengendalian budaya, kinerja perusahaan, intervensi pemerintah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Oct 2014 08:55
Last Modified: 18 Oct 2021 03:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30348

Actions (login required)

View Item View Item