Pendeteksian Tingkat Fraud Melalui Faktor Risiko Tekanan Dan Peluang (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan Periode 2010 – 2012)

Hapsari, Asri Ditha and , Dr. Fatchan Achyani S.E, M.Si (2014) Pendeteksian Tingkat Fraud Melalui Faktor Risiko Tekanan Dan Peluang (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan Periode 2010 – 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (605kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lamoiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (481kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh faktor tekanan dan peluang terhadap fraud di perusahaan perbankan di Indonesia. Faktor tekanan terdiri dari stabilitas keuangan yang diproksikan dengan tingkat pertumbuhan aset (AGROW), tekanan eksternal yang diproksikan dengan kemampuan perusahaan memenuhi kewajibannya (LEV), kepemilikan manajerial yang diproksikan dengan ada tidaknya kepemilikan saham oleh orang dalam (OSHIP), kepemilikan institusional yang diproksikan dengan kepemilikan saham oleh institusi (INST), dan target keuangan yang diproksikan dengan return on asset (ROA). Sedangkan untuk faktor peluang terdiri dari efektivitas pengawasan yang diproksikan dengan proporsi dewan komisaris independen (IND) dan variabel kontrol yang digunakan adalah ukuran perusahaan (SIZE). Jenis penelitian ini merupakan penelitian study empiris yaitu penelitian yang menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010-2012. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, berdasarkan kriteria yang ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 23 perusahaan perbankan setiap tahunnya. Metode analisis data yang digunakan adalah model regresi logistik. Pengujian meliputi overall model fit, hosmer and lemeshow’s goodness of fit model, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengujian statistik, faktor tekanan yaitu variabel stabilitas keuangan yang diproksikan dengan tingkat pertumbuhan aset (AGROW), tekanan eksternal yang diproksikan dengan kemampuan perusahaan memenuhi kewajibannya (LEV), kepemilikan institusional yang diproksikan dengan jumlah saham yang dimiliki institusi (INST), dan faktor peluang yaitu efektivitas pengawasan yang diproksikan dengan proporsi dewan komisaris independen (IND) serta variabel kontrol yang menggunakan ukuran perusahaan (SIZE) tidak berpengaruh signifikan terhadap fraud karena memiliki nilai signifikansi lebih dari 0,05. Sedangkan faktor tekanan yaitu variabel kepemilikan manajerial yang diproksikan dengan ada tidaknya kepemilikan saham oleh orang dalam (OSHIP) dan target keuangan yang diproksikan dengan return on asset (ROA) memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05. Sehingga kedua variabel tersebut berpengaruh terhadap fraud.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fraud, stabilitas keuangan, tekanan eksternal, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, target keuangan, efektivitas pengawasan, dan ukuran perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Oct 2014 09:03
Last Modified: 18 Oct 2021 02:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30331

Actions (login required)

View Item View Item