Evaluasi Terhadap Sistem Pengendalian Intern Pada Proses Pemberian Kredit Mikro ( Studi Empiris Pada PT. Bank Mandiri (PERSERO) tbk. Cabang Slamet Riyadi Surakarta )

Permatasari, Ocsaky Bany and , Eko Sugiyanto, SE, M.Si. (2014) Evaluasi Terhadap Sistem Pengendalian Intern Pada Proses Pemberian Kredit Mikro ( Studi Empiris Pada PT. Bank Mandiri (PERSERO) tbk. Cabang Slamet Riyadi Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (447kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (201kB)

Abstract

PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Slamet Riyadi Surakarta merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit. Salah satu bentuk kredit yang dimiliki oleh Bank Mandiri adalah Mandiri Kredit Mikro. Dalam pelaksanaan pemberian kredit mikro, risiko kemacetan kredit merupakan masalah yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan bank. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem pengendalian untuk menilai pelaksanaan pengawasan intern serta mengetahui kebijakan manajemen bank dalam menjalankan tugasnya. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian, yaitu bagaimana sistem pengendalian intern diterapkan dan apakah sistem pengendalian intern pada proses pemberian kredit mikro telah diterapkan secara efektif pada Bank Mandiri Cabang Slamet Riyadi Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pemberian kredit yang sesuai dengan prinsip kehati-hatian dan asas perkreditan yang sehat serta mengevaluasi efektivitas sistem pengendalian intern pada proses pemberian kredit mikro pada Bank Mandiri Cabang Slamet Riyadi Surakarta. Pada penelitian ini menggunakan analisis uji penerapan, uji keefektifan dan analisis deskriptif sistem pengendalian intern pada proses pemberian kredit mikro. Hasil evaluasi tersebut yaitu sebesar 74,06% menunjukkan bahwa sistem yang diterapkan dalam proses pemberian kredit telah memenuhi sebagian besar dari unsur-unsur pengendalian intern, meskipun masih terdapat beberapa kelemahan, yaitu jumlah Mikro Kredit Analis (MKA) pada Bank Mandiri Cabang Slamet Riyadi Surakarta kurang memadahi dibandingkan tingginya aplikasi permohonan kredit yang masuk sehingga dikhawatirkan terjadi kerugian akibat dari kualitas kredit yang lemah. Selain itu, pelaksanaan kunjungan atau on the spot yang dilakukan, tidak sesuai dengan tata cara dalam Manual Produk Kredit Mikro. Pengujian kepatuhan dilakukan terhadap sistem pengendalian intern dengan menggunakan metode fixed sample size. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem pengendalian intern yang ada pada proses pemberian kredit mikro memadai dan telah dilaksanakan oleh manajemen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Intern, kredit, attribute sampling
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Oct 2014 07:30
Last Modified: 18 Oct 2021 02:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30325

Actions (login required)

View Item View Item