Peranan TI (Teknologi Informasi) Sebagai Alat Bukti Dalam Pengungkapan Tindak Pidana Studi Kasus Manipulasi Data Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakarta Di Pengadilan Negeri Sukoharjo

Prastyo, Anjar Budi and , Muchammad Iksan S.H., M. H. and , Bambang Sukoco, S. H. (2014) Peranan TI (Teknologi Informasi) Sebagai Alat Bukti Dalam Pengungkapan Tindak Pidana Studi Kasus Manipulasi Data Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakarta Di Pengadilan Negeri Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (414kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (391kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Peranan TI (teknologi Informasi) Sebagai Alat Bukti Dalam Pengungkapan Tindak Pidana. Studi Kasus Manipulasi Data Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakarta di Pengadilan Negeri Sukoharjo. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui peran TI (teknologi Informasi) sebagai alat bukti dalam penyelesaian perkara pidana, mengetahui kedudukan hukum saksi ahli TI (teknologi Informasi) dalam pembuktian perkara pidana, dan untuk mengetahui kendala aparat penegak hukum dalam menyelesaikan kasus ANDRIYANI, S.Si. terkait alat bukti teknologi informasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskritif, sedangkan metode pendekatan menggunakan yuridis empiris dan wawancara digunakan sebagai sumber data tambahan dalam penelitian ini. Berdasarkan data-data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan, bahwa penerapan teknologi informasi diwilayah hukum sukoharjo belum maksimal terkait Sumber Daya Manusia aparat penegak hukum, terkait proses penyidikan dalam KUHAP dengan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 mengganggu kinerja penyidik, kurangnya kesadaran masyarakat untuk melaporkan tindak pidana terkait teknologi informasi, dan Pengadilan Negeri Sukoharjo Baru pertama menangani kasus terkait pembuktian dengan alat bukti teknlogi informasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembuktian, Teknologi Informasi, Aparat Penegak Hukum
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
K Law > K Law (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 01 Oct 2014 11:54
Last Modified: 20 Oct 2021 03:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30305

Actions (login required)

View Item View Item