FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MERK YAMAHA (STUDI KASUS DI KECAMATAN TAWANGMANGU) SKRIPSI

Cahyono , Teguh (2009) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MERK YAMAHA (STUDI KASUS DI KECAMATAN TAWANGMANGU) SKRIPSI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050292.PDF

Download (174kB)
[img] PDF
B100050292.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)

Abstract

Penelitian ini menggambil judul “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Sepeda Motor Yamaha”. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Harga, Kualitas, Desain, Suku cadang dan untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan membeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yang meliputi Harga, Kualitas, Desain, dan Suku cadang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan membeli sepeda motor merk Yamaha di Kecamatan Tawangmangu. Pengambilan data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yang mempunyai pengaruh terhadap keputusan membeli sepeda motor merek Yamaha dilaksanakan dengan membagikan kuisioner kepada 50 orang responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Harga, Kualitas, Desain, dan Suku cadang dan keputusan membeli. Metode pengambilan sampel dengan cara observasi dan pembagian kuesioner secara langsung dari sumbernya yaitu konsumen sepeda motor Yamaha khususnya masyarakat Kecamatan Tawangmangu. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, analisis regresi parsial (uji t), analisis regresi bersama-sama (uji f) dan analisis koefisien determinasi majemuk(R2). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda nilai koefisien regresi menunjukkan pengaruh positif dari atribut faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu Harga (0,307), Kualitas (0,211), Desain (0,160), dan Suku cadang (0,297) terhadap keputusan membeli sepeda motor merek Yamaha. Berdasarkan hasil analisis regresi parsial (uji t), menunjukkan pengaruh positif dari atribut faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu t hitung Harga (2,501), t hitung Kualitas (2,151), t hitung Desain (2,096), dan t hitung Suku cadang (2,371) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan membeli sepeda motor merek Yamaha di Kecamatan Tawangmangu dimana t hitung atribut tersebut lebih besar dari t tabel, (1,676). Berdasarkan hasil analisis regresi bersama-sama (uji f), menunjukkan f hitung lebih besar dari f tabel (6,733 > 2,56). Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R2), menunjukkan angka 0,374 atau 37,40 %. berarti masih terdapat variabel lain di luar penelitian sebesar 100 % - 37,40 % = 62,60 % yang mempunyai pengaruh terhadap keputusan membeli sepeda motor merek Yamaha. Saran yang dapat disampaikan agar selalu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen agar tetap baik supaya tetap bersaing dengan pesaing yang lain dan selalu berusaha mencari peluang-peluang pasar dengan berbagai keunggulan yang ditampilkan pada setiap produknya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Keputusan Membeli
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 22 Jun 2009 08:52
Last Modified: 13 Nov 2010 04:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3030

Actions (login required)

View Item View Item