Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Survey pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah)

Susetyo, Dino Rian Verri and , Drs. Atwal Arifin, Msi. (2014) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Survey pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (693kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pertumbuhan ekonomi, pendapatan asli daerah (PAD), dan dana alokasi umum (DAU) memiliki pengaruh terhadap pengalokasian belanja modal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kabupaten/kota di seluruh provinsi Jawa Tengah. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan Kabupaten atau kota yang mengeluarkan laporan realisasi APBD dengan selama periode 2009-2011 dengan format SAP yang dipublikasikan pada situs www.djpk.depkeu.go.id dan data yang disajikan secara lengkap sesuai yang dibutuhkan atau setiap kabupaten/kota dengan lengkap mempublikasikan antara tahun 2009-2011. Hasil olah data dengan alat uji yaitu uji t, analisis linier berganda, uji F dan uji R2 diolah dengan program SPSS menunjukan bahwa : (a) Pertumbuhan Ekonomi tidak mempunyai pengaruh terhadap Belanja Modal, hal ini dibuktikan dari hasil uji t dengan nilai signifikansi 0,212 >  = 0,05. (b) PAD tidak mempunyai pengaruh terhadap Belanja Modal, hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai signifikansi 0,217 >  = 0,05 (c) DAU mempunyai pengaruh terhadap Belanja Modal, hal ini dibuktikan dari hasil uji t dengan nilai signifikansi 0,013 <  = 0,05 (d) perhitungan untuk nilai R2 diperoleh nilai 12,1% variasi variabel belanja modal dapat dipengaruhi oleh variabel PDRB, PAD dan DAU sedangkan sisanya yaitu 87,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar model yang diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pertumbuhan ekonomi, pendapatan asli daerah (PAD), dana alokasi umum (DAU), dan belanja modal
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Sep 2014 09:09
Last Modified: 18 Oct 2021 02:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30299

Actions (login required)

View Item View Item