Pengaruh Pelatihan Simulasi Terhadap Pengetahuan Siswa Kelas X IPS Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta

Afandi, Rahmad and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2014) Pengaruh Pelatihan Simulasi Terhadap Pengetahuan Siswa Kelas X IPS Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (825kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (969kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (241kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tentang mitigasi bencana gempa bumi serta meningkatkan pengetahuan tentang mitigasi bencana gempa bumi dengan mengunakan pelatihan simulasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian experimen dengan mengunakan model One-Group pretest-posttest design yang dilakukan menjadi 2 kegiatan yang diikuti 3 kelas X IPS. Jenis experimen yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan simulasi sebagai kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai mitigasi bencana gempa bumi. Pengumpulan data melalui kegiatan observasi untuk mendapatkan data proses pembelajaran dan keadaan sekolah untuk penentuan jalur evakuasi dalam pelatihan simulasi. Pelaksaaan tes untuk mendapatkan data perubahan tingkat pengetahuan dari kegiatan pelatiahan yang dilakukan. Analisa data penelitian ini dilakukan uji secara kuantitatif pretest dan post test. Hasil penelitian menunjukakan bahwa: 1) kelas X IPS 1 pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi meningkat 26%, 2) kelas X IPS 2 pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi meningkat 28%, 3) kelas X IPS 3 pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi meningkat 20%. Pelatihan simulasi terbukti dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang mitigasi bencana gempa bumi. Bukti peningkatan pengetahuan siswa tentang mitigasi bencana gempa bumi ditunjukkan oleh peningkatan nilai tes sebelum dengan sesudah pelatihan simulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi sekolah untuk melakukan pendidikan mitigasi bencana gempa bumi secara berkala bagi setiap siswa, sehingga pemahaman siswa mengenai mitigasi bencana gempa bumi dapat digunakan secara maksimal dalam masyarakat dan sebagai bekal siswa untuk menghadapi bencana gempa bumi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan mitigasi, gempa bumi, simulasi, penegetahuan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 24 Sep 2014 13:55
Last Modified: 15 Oct 2021 14:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30286

Actions (login required)

View Item View Item