Hubungan Kesiapsiagaan Bencana Gempabumi Dengan Proses Pembelajaran Siswa Kelas VII A, B, Dan E Di SMP Negeri 1 Tulung Di Kecamatantulung Klaten

Mulyaningtyas, Septa Eka and , Drs. Suharjo, M.S (2014) Hubungan Kesiapsiagaan Bencana Gempabumi Dengan Proses Pembelajaran Siswa Kelas VII A, B, Dan E Di SMP Negeri 1 Tulung Di Kecamatantulung Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (137kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (916kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (623kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1) Mengetahui kesiapsiagaan bencana gempabumi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tulung Klaten, (2) Mengetahui proses pembelajaran siswa kelas VII A, B, dan E di SMP Negeri 1 Tulung Klaten, (3) Mengetahui hubungan kesiapsiagan bencana gempabumi dengan proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Tulung Klaten. Metode data pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan angket, teknik analisis dengan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tulung sejumlah 95 siswa. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Dimana peneliti menganalisis tingkat kesiapsiagaan, proses pembelajaran, dan hubungan diantara keduanya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kesiapsiagaan siswa kelas VII memperoleh skor riil sebesar 3.036, masuk dalam kategori cukup/sedang/sudah ada tetapi belum berjalan. (2) Proses pembelajarannya masuk dalam kategori cukup, (3) Terdapat hubungan antara kesiapsiagaan siswa kelas VII dengan proses pembelajaran IPS Geografi namun lemah, memperoleh nilai korelasi sebesar 0,174 > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Hubungan Kesiapsiagaan dengan Proses Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 24 Sep 2014 12:55
Last Modified: 15 Oct 2021 14:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30281

Actions (login required)

View Item View Item