Hubungan Hasil Belajar IPS Dengan Pengetahuan Kesiapsiagaan Gempabumi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tulung Kabupaten Klaten

Hermawati, Sri (2014) Hubungan Hasil Belajar IPS Dengan Pengetahuan Kesiapsiagaan Gempabumi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tulung Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (808kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (907kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (539kB)

Abstract

SMP Negeri 1 Tulung berada di daerah Kabupaten Klaten yang berpotensi terjadi dan terkena dampak bencana gempabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman dan tingkat kesiapsiagaan siswa terhadap bencana gempabumi. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif dengan pengambilan data secara acak yang dilakukan pada siswa. Sedangkan analisis menggunakan deskriptif kuantitatif, pengumpulan data menggunakan kuesioner, nilai pelajaran IPS, dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian SMP Negeri 1 Tulung termasuk dalam kategori siap dengan perolehan nilai indeks 69,04%. Dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan menghasilkan nilai probabilitas 0,728 > 0,05 maka kedua variabel tersebut mempunyai hubungan (korelasi) yang sangat kuat, terjadi hubungan searah antara variabel nilai dan variabel kesiapsiagaan, bila variabel nilai naik maka variabel kesiapsiagaan juga naik. Kesimpulanya, nilai ips mendapatkan nilai yang baik sedangkan pada kesiapsiagaan bencana gempabumi mendapat nilai yang baik juga ya kni siap dalam menghadapi bencana gempabumi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan, Pembelajaran ips, Bencana gempabumi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 24 Sep 2014 12:06
Last Modified: 24 Sep 2014 12:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30275

Actions (login required)

View Item View Item