Asuhan Keperawatan Pasien Ny. F G1P0A0 Hamil 20 Minggu Dengan Hiperemesis Gravidarum Di Ruang Dahlia RSUD Pandan Arang Boyolali

Atnawati, Dwi and , Sulastri, S.Kp., M.Kes. (2014) Asuhan Keperawatan Pasien Ny. F G1P0A0 Hamil 20 Minggu Dengan Hiperemesis Gravidarum Di Ruang Dahlia RSUD Pandan Arang Boyolali. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (987kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)

Abstract

Latar belakang: Pengawasan sebelum lahir (antenatal) terbukti mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kesehatan mental dan fisik serta dalam proses pelayanan pada ibu hamil untuk persiapan persalinannya. Sebelum diperkenalkan cairan intravena, kasus kematian pada hiperemesis gravidarum terjadi sebesar 159 kematian per 1000 kelahiran di Inggris (Michelini, 2002). Hiperemesis gravidarum tidak hanya mengancam kehidupan klien, namun dapat menyebabkan efek samping pada janin seperti abortus, berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, dan malformasi pada bayi baru lahir. Hiperemesis Gravidarum adalah mual dan muntah berlebihan pada wanita hamil sehingga pekerjaan sehari-hari terganggu dan keadaan umum menjadi buruk (Mansjoer, 2005). Hasil: Setelah mendapatkan asuhan keperawatan dalam waktu 3x24 jam, masalah keperawatan pasien Ny.F dengan hiperemesis gravidarum teratasi, ditandai dengan pasien mual muntah berkurang, nafsu makan kembali seperti semula, kebutuhan nutrisi terpenuhi, rasa cemas hilang, dan pasien paham tentang masalah hiperemesis gravidarum. Tujuan: Tujuan umum dari penulisan karya tulis ilmiah ini adalah perawat dapat memberikan asuhan keperawatan pada ibu hamil dengan hiperemesis gravidarum dan tujuan khususnya adalah agar para pembaca dapat mengetahui tentang pengertian hiperemesis gravidarum, diagnosa, intervensi, implementasi, dan evaluasi keperawatan pasien dengan hiperemesis gravidarum. Kesimpulan: Kesimpulan karya tulis ilmiah ini adalah setelah dilakukan evaluasi keperawatan terhadap pasien Ny.F dengan hiperemesis gravidarum didapati 3 masalah keperawatan yang muncul, dua masalah sudah teratasi, dan satu masalah belum teratasi.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hiperemesis gravidarum, asuhan keperawatan, mual muntah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan D3
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 18 Sep 2014 12:02
Last Modified: 19 Oct 2021 11:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30254

Actions (login required)

View Item View Item