Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Septyanawati, Tri Arvinta (2014) Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (BAb III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (533kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rasio Keuangan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2007-2011 sebanyak 18 perusahaan. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Dengan metode tersebut sampel dipilih berdasarkan kriteria tertentu tersebut antara lain: (1) Perusahaan manufaktur pada sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2007-2011. (2) Memiliki data dan laporan keuangan yang berkaitan dengan pengukuran variabel penelitian. (3) Menerbitkan laporan keuangan per 31 Desember 2007-2011. Berdasarkan kriteria tersebut di atas maka diperoleh sampel data perusahaan manufaktur sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebanyak 18 perusahaan. Sumber data diperoleh dari laporan keuangan yang diterbitkan Indonesia Capital Market Directory (ICMD) dan IDX Yearly Statistics. Variabel dependen dalam penelitian ini menggunakan Harga Saham dan variabel independen yaitu Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE). Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, koefisien determinasi (R2), dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya secara individual variabel Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan variabel Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Untuk peneliti yang akan datang jika ingin meneliti dengan tema yang sama, disarankan peneliti menggunakan penelitian yang lebih luas cakupannya (diluar akuntansi) dengan memasukkan variabel-variabel baru ke dalam model penelitian. Atau penelitian selanjutnya sebaiknya dilakukan pada kondisi yang berbeda dari penelitian ini, karena penelitian ini dilakukan pada kondisi ekonomi yang secara makro dalam kondisi yang cukup stabil dari krisis ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rasio Keuangan, harga saham, perusahaan manufaktur sektor otomotif, Bursa Efek Indonesia (BEI
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Sep 2014 11:38
Last Modified: 18 Sep 2014 11:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30253

Actions (login required)

View Item View Item