Pengaruh Strategi Pemasaran, Perkembangan Teknologi Informasi Dan Inovasi Terhadap Pengambilan Keputusan Penjualan Dipasar Tradisional Di Surakarta

Saputra, Wakhid Ajhi and , Sri Murwanti, S.E., MM. (2014) Pengaruh Strategi Pemasaran, Perkembangan Teknologi Informasi Dan Inovasi Terhadap Pengambilan Keputusan Penjualan Dipasar Tradisional Di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (436kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)

Abstract

Pasar tradisional menampung banyak penjual dengan lokasi yang terkonsentrasi di wilayah terntentu, yang dalam pelaksanakan transaksinya tanpa di lengkapi dengan manajemen yang sistematis dan perangkat teknologi modern yang memadai. Di pasar tradisional di dominasi golongan pedagang menengah kebawah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel strategi pemasaran, perkembangan teknologi informasi, dan inovasi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pada pasar tradisional di Solo secara parsial, dan mengetahui variabel manakah yang paling dominan dalam proses pengambilan keputusan penjualan serta memberikan edukasi kepada pasar tradisional dan dinas terkait atas perilaku ekonominya melalui hasil penelitian. Banyak faktor yang dapat menunjang peningkatan kinerja pedagang pada pasar tradisional, Khususnya yang berkaitan dengan proses pengambilan keputusan penjualan. Dalam penelitian ini diukur melalui strategi pemasaran, perkembangan teknologi informasi dan inovasi. Obyek dalam penelitian ini adalah Pasar tradisional di surakarta yaitu pasar kandang sapi mojosongo, pasar legi, pasar gede, pasar klewer, pasar triwindu, pasar kleco. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran, perkembangan teknolgi dan inovasi terhadap pengambilan keputusan penjualan di pasar tradisional di surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 180 orang. Jenis datanya adalah primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil uji instrument menunjukkan semua valid dan reliabel. Uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel strategi pemasaran tidak berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan. Sedangkan yang berpengaruh positif adalah perkembangan teknologi informasi dan inovasi. Variabel yang paling dominan mempengaruhi pengambilan keputusan adalah variabel inovasi. Hasil uji-t menunjukkan ada pengaruh secara parsial antar variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil uji-F menunjukkan terdapat pengaruh secara bersama-sama antar variabel. Hasil uji koefisien determinasi atau R2 menunjukkan bahwa kemampuan variabel independent dapat menjelaskan varibel dependent. sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak ada dalam model. Studi ini dapat memberikan saran bahwa variabel X2 dan X3 independent berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan, oleh karena itu pihak pemerintah kota sebaiknya memperhatikan faktor-faktor tersebut agar dapat meningkatkan kualitas dalam proses pengambilan keputusan oleh penjual dalam menjual produk, Penelitian selanjutnya sebaiknya dilakukan dengan memperluas sampel dan responden tidak hanya pada konsumen Pasar yang telah di teliti saja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, perkembangan teknologi informasi, inovasi dan pengambilan keputusan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Sep 2014 13:29
Last Modified: 18 Oct 2021 02:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30235

Actions (login required)

View Item View Item