Upaya Meningkatkan Ketrampilan Membaca Melalui Strategi Drapada Siswa Kelas IV SDN Sukolilo 02 Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Aini,, Nur and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Upaya Meningkatkan Ketrampilan Membaca Melalui Strategi Drapada Siswa Kelas IV SDN Sukolilo 02 Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (660kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilanmembaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesiamelalui strategi DRA (Directed Reading Activity). Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Sukolilo 02pada tanggal 26 Mei sampai 2 Juni 2014. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 3 siklus, siklus pertama, kedua, danketiga dilakukan masing-masingsatu kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas IV SDN Sukolilo 02 yang berjumlah 20 siswa dan obyeknya adalah ketrampilan membaca siswa serta strategi DRA.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator ketrampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:(1) mengenali lambang-lambang (symbol bahasa); (2) mengenali kata dan kalimat; (3) menemukan ide pokok dan kata-kata kunci; (4) menceritakan kembali isi bacaan pendek.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan ketrampilan membaca siswa kelasIV SDN Sukolilo 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi DRA. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I, siklus II, danSiklus III. Pada tahap pra siklus diketahui ketrampilan membaca siswa rendah dengan presentase 39,4%. Pada siklus I terdapat ketrampilan membaca siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase 62,75%, ketrampilanmembacasiswa pada siklus II mengalami peningkatan yang baikdengan presentase 82,3% kemudian dimantapkan kembali pada siklus III mengalami peningkatan 95,5% dengan kategori sangat baik. Hal ini membuktikan adanya peningkatan ketrampilan membaca siswa dengan penerapan strategi pembelajaran DRA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, ketrampilanmembaca, strategi DRA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Sep 2014 09:06
Last Modified: 15 Oct 2021 05:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30216

Actions (login required)

View Item View Item