Peningkatan Kreatifitas Mencipta Bentuk Dengan Kegiatan Bermain Keping Geometri Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah PK Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

MULYATI, MULYATI and , Drs. Muhammad Yahya, M.Si. (2014) Peningkatan Kreatifitas Mencipta Bentuk Dengan Kegiatan Bermain Keping Geometri Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah PK Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (693kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan, untuk mengetahui penerapan kegiatan membaca Anak Islam AISM di TK Pertiwi II Canden. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok B TK Pertiwi 2 Canden Sambi Boyolali tahun ajaran 2013/2014 sejumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaborator antara peneliti dengan kepala sekolah yang juga selaku guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian unjuk kerja, catatan lapangan dan wawancara. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi data. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak, dari kondisi kemampuan membaca prasijklus sebesar 45,8% dan pasca siklus I sebesar 55,25% kemudian pasca siklus II mencapai 84,1%. Keberhasilan peningaktan kemampuan membaca permulaan ini didukung oleh media buku AISM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan membaca buku AISM jilid I sampai jilid VI dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Pertiwi II Canden, Sambi, Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca permulaan, kegiatan membaca AISM
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Sep 2014 15:03
Last Modified: 20 Oct 2021 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30206

Actions (login required)

View Item View Item