Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK PGRI Plumbungan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014

MARYATI, MARYATI and , Dr. Darsinah, M.Si. (2014) Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK PGRI Plumbungan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (725kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (558kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (691kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemandirian anak melalui Metode Bermain Peran pada anak kelompok B TK PGRI Plumbungan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak dengan jumlah 18 anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan sebagai penerima tindakan dan guru sebagai pemberi tindakan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian adaah tentang kemandirian dan data mengenai pembelajaran bermain peran. Kedua data tersebut dikumpulkan observasi. Teknik analisis data kemandirian menggunakan analisis komparatif. Analisis data pembelajaran bermain peran menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian anak melalui metode bermain peran. Hasil ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kemandirian anak sebelum tindakan 49,13% atau rata-rata anak Belum Berkembang, pada siklus 1 rata-rata kemandirian anak 71,35% atau rata-rata anak Mulai Berkembang dan pada siklus 2 rata-rata kemandirian anak 88,02% atau rata-rata anak Berkembang Sesuai Harapan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bermain peran dapat meningkatkan kemandirian anak pada kelompok B TK PGRI Plumbungan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen, tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Bermain Peran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 16 Sep 2014 13:31
Last Modified: 20 Oct 2021 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30197

Actions (login required)

View Item View Item