Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Menggambar Dekoratif Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah 1 Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014

ISMINAH, ISMINAH and , Drs.Ilham Sunaryo, M.Pd. (2014) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Menggambar Dekoratif Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah 1 Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_DEPAN.pdf

Download (824kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
05_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
08_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan bermain menggambar dekoratif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Obyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B TK Aisyiyah 1 kecamatan Sukodono kabupaten Sragen tahun 2013/2014. Subyek pemberi tindakan adalah peneliti sendiri berkolaborasi dengan guru kelas. Obyek penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak dan pembelajaran melalui bermain menggambar dekoratif . Data kemampuan motorik halus anak dan data pembelajaran guru dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan . Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif dan interaktif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rat rata kemampuan motorik halus anak sebelum tindakan adalah 30 % dengan status perkembangan mulai berkembang , setelah dilakukan pembelajaran melalui kegiatan bermain menggambar dekoratif .Pada siklus 1 kemampuan motorik halus anak meningkat menjadi 65 % yang berarti status perkembangannya berada pada tahap berkembang sesuai harapan . Pada siklus II kemampuan motorik halus anak meningkat menjadi 87 % yang berarti perkembangannya berada pada tahap berkembang sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan bermain menggambar dekoratif dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B TK Aisyiyah1 kecamatan Sukodono kabupaten Sragen tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik halus, kegiatan bermain menggambar dekoratif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 16 Sep 2014 12:57
Last Modified: 20 Oct 2021 06:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30193

Actions (login required)

View Item View Item