Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui bercerita dengan boneka tangan pada anak kelompok a di taman kanak-kanak aisyiyah cabang kartasura tahun pelajaran 2013/2014

Rakhmawati, Pradynda Novita and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd and , Wili Astuti, S.Pd, M.Hum (2014) Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui bercerita dengan boneka tangan pada anak kelompok a di taman kanak-kanak aisyiyah cabang kartasura tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (942kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui bercerita dengan boneka tangan kelompok A di TK Aisyiyah Cabang Kartasura, Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak kelompok A TK Aisyiyah Cabang Kartasura yang berjumlah 23 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Observasi adalah mengamati peningkatan perkembangan bahasa anak mulai dari sebelum tindakan, pada saat proses kegiatan pembelajaran setelah ada tindakan, hingga pada akhir proses kegiatan pembelajaran. Dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat kegiatan meningkatkan perkembangan bahasa anak. Analisis data yang digunakan adalah analisis komperatif yaitu perbandingan hasil prosentase pencapaian setiap anak dengan skor maksimum yang telah ditentukan melalui siklus-siklus. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tindakan peningkatan perkembangan bahasa anak melalui bercerita dengan boneka tangan diperoleh hasil prasiklus pada sebelum dilakukan tindakan 25%, siklus I mencapai 60,89%, Siklus II mencapai 73,51%, Siklus III mencapai 87,08%. Dengan demikian upaya meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok A TK Aisyiyah Cabang Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014 dikatakan berhasil karena hasil pada siklus III mencapai 87,08% melebihi prosentase keberhasilan yaitu 85%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bahasa, bercerita dengan boneka tangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 15 Sep 2014 12:31
Last Modified: 19 Oct 2021 12:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30175

Actions (login required)

View Item View Item