Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Permainan Boneka Tangan Di Kelompok B TK Islam Unggulan Birrul Walidain Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

INDARTI, INDARTI and , Dr. Darsinah, M.Si (2014) Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Permainan Boneka Tangan Di Kelompok B TK Islam Unggulan Birrul Walidain Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (270kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui permainan boneka tangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B di TKIU Birrul Walidain Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Sementara subyek pemberi tindakan adalah peneliti sendiri berkolaborasi dengan guru kelas. Obyek penelitian ini adalah kemampuan berbahasa anak dan pembelajaran melalui permainan boneka tangan. Data kemampuan berbahasa anak dan data pembelajaran guru dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif dan interaktif. Analisis data kemampuan berbahas anak menggunakan analisis komparatif. Sementara analisis data pembelajaran oleh guru menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berbahasa anak sebelum tindakan adalah 51,2 %, dengan status perkembangan Mulai Berkembang (MB). Setelah dilakukan pembelajaran melalui permainan boneka tangan pada siklus I kemampuan berbahasa anak meningkat menjadi 63,5 %, yang berarti status perkembangannya berada pada tahap Berkembang Sesuai Harapan (BSH) pada siklus II kemampuan berbahas anak meningkat menjadi 76.7 %, yang berarti status perkembangannya berada pada tahap Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Kesimpulannya adalah melalui permainan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada kelompok B di TKIU Birrul Walidain Sragen tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbahasa anak, metode permainan boneka tangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 15 Sep 2014 12:02
Last Modified: 20 Oct 2021 05:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30172

Actions (login required)

View Item View Item