Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Campuran Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN Trimulyo 02 Juwana Pati Tahun Pelajaran 2013/2014

Samsuri, Samsuri and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Campuran Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN Trimulyo 02 Juwana Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (965kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
JUDUL_SKRISPSI.pdf

Download (766kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (245kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_LANDASAN_TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru belum menerapkan pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif namun masih banyak menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Trimulyo 02 Juwana Pati belum mencapai nilai ketuntasan yang optimal. Masalah yang dirumuskan : “Apakah kemampuan hitung campuran dapat ditingkatkan melalui model make a match pada siswa kelas IV SD Trimulyo 02 Juwana Pati Tahun Pelajaran 2013/2014?” Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK dengan menggunakan 3 siklus , masing masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Trimulyo 02 Juwana Pati sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data adalah obsevasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknis analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi jumlah, skor minimal-maksimal, prosentase, membandingkan dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika siswa tentang operasi hitung campuran,setelah menggunakan model make a match. Hal ini nampak pada perbandingan nilai rata-rata pada kondisi pra siklus sebesar 53,07, pada siklus I naik menjadi 67,69, pada siklus II 76,92, dan pada siklus III 81,53. Adapun peningkatan persentasi hasil belajar klasikal pada kondisi pra siklus 26,92%, siklus I naik menjadi 57,69%,siklus II naik menajdi 88,46%, dan pada siklus III naik menjadi 92,30%. Saran bagi guru matematika agar selalu menciptakan suasana pembelajaran yang menjadikan siswa senang, aktif dan kreatif dalam belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan operasi hitung, Model Make a match, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2014 09:58
Last Modified: 15 Oct 2021 04:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30168

Actions (login required)

View Item View Item