Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA Tentang Energi Dan Perubahannya Dengan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas V Semester II SDN 1 Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten Tahun 2013 / 2014

Ariadi, Andrias and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA Tentang Energi Dan Perubahannya Dengan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas V Semester II SDN 1 Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten Tahun 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAb I)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Dafatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan materi energi dan perubahannya dengan menggunakan metode Jigsaw. Hasil tes awal siswa membuktikan bahwa banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM dalam pelajaran IPA. Hal ini perlu diadakan sebuah penelitian yang bertjuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bentuk penelitian ini adalah berupa penelitian tindak kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu : Tahap perencanaan, tahap tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilakukan selama 2 kali pertemuan dengan waktu 2X35 menit.Dilihat dari hasil tes awal sebanyak 79% siswa masih dibawah KKM dan siswa yang belajar tuntas hanya 21%, kemudian tes siklus I menunjukkan adanya sedikit peningkatan yaitu sebanyak 36,84% siswa belajar tuntas dan sebanyak 63,16% siswa masih dibawah KKM dan tes siklus II menunjukkan adanya peningkatan yang sangat baik yaitu 100% siswa belajar tuntas. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan metode Jigsaw dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA dengan materi energi dan perubahannya pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten dinyatak berhasil.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Motivasi, Hasil belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2014 09:27
Last Modified: 15 Oct 2021 04:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30167

Actions (login required)

View Item View Item