Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Stad Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Krajan Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Yuliani, Nina and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2014) Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Stad Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Krajan Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (320kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (501kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Dafatr Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA kelas IV SD N 1 Krajan Klaten melalui strategi STAD. Sebelum diberikan tindakan, motivasi dan hasil belajar siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan berbagai strategi.Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini menggunakan strategi STAD. Subyek pelaksanaan tindakan siswa kelas IV SD N 1 Krajan berjumlah 30 siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Validitas data yang dilakukan melalui tekhnik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari tingkat motivasi siswa pada kondisi awal diperoleh prosentase 46,6%, pada siklus I menjadi 56,6%, dan pada siklus II meningkat menjadi 78%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa sebagai berikut, dari 30 siswa diperoleh prosentase pada kondisi awal 61,3%, pada siklus I menjadi 69%, dan pada siklus II meningkat menjadi 76%. Ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 40%, siklus I 66,6%, dan siklus II 86,6%.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan guru hendaknya menggunakan strategi STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi,Hasil Belajar, STAD (Student Team Achievement Division)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2014 09:13
Last Modified: 15 Oct 2021 04:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30166

Actions (login required)

View Item View Item