Peningkatan Motivasi Siswa Dan Hasil Belajar Ipa Pada Konsep Ciri- Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup Melalui Pendekatan Jigsaw Di Kelas 3 Semester 2 SD Negeri 2 Tarubasan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013- 2014

Hendriyansyah, Hendriyansyah (2014) Peningkatan Motivasi Siswa Dan Hasil Belajar Ipa Pada Konsep Ciri- Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup Melalui Pendekatan Jigsaw Di Kelas 3 Semester 2 SD Negeri 2 Tarubasan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013- 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (528kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_publikasi.pdf

Download (319kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). keaktifan siswa kelas 3 SD Negeri 2 Tarubasan pada pelajaran IPA semester 2, (2). hasil belajar siswa kelas 3 SD negeri 2 Tarubasan dalam pelajaran IPA semester 2. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Sumber data penelitian diperoleh dari siswa kelas 3. Dari hasil observasi, tes, dan dokumentasi, diketahui bahwa: Hasil belajar IPA siswa kelas III di SD Negeri 2 Tarubasan masih tergolong rendah, hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya siswa dengan nilai hasil belajar IPA yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 62, hal ini ditunjukkan pada nilai awal IPA sebelum tindakan dari 12 siswa yang memperoleh nilai lebih dari KKM hanya 4 siswa atau 37,50 % siswa, sedangkan 8 siswa atau 62,50 % siswa lainnya nilainya masih dibawah KKM. Hambatan disebabkan karena guru belum melakukan metode pembelajaran yang inovatif, kebanyakan masih menggunakan metode ceramah sehingga murid cepat bosan dengan materi yang disampaikan guru. Usaha yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan metode jigsaw pada pelajaran IPA kelas III. Setelah menerapkan metode jigsaw maka hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari kondisi pra siklus yang tuntas sebanyak 4 siswa atau sebesar 37,50 %, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi 7 siswa atau sebesar 56,25 %, dan setelah diberi tindakan pada siklus II menjadi 9 siswa atau sebesar 81,25 %.Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode jigsaw dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA pada konsep ciri- ciri dan kebutuhan makhluk hidup pada siswa kelas III SD Negeri 2 tarubasan Kecamatan karanganom Kabupaten Klaten dinyatakan berhasil.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan siswa,hasil belajar,dan Kriteria Ketuntasan Minimal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2014 08:03
Last Modified: 15 Sep 2014 14:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30162

Actions (login required)

View Item View Item