Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Melukis Dengan Media Lilin Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Puro 1 Karangmalang Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Cahyanti, Yulia Intan and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Melukis Dengan Media Lilin Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Puro 1 Karangmalang Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (697kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (247kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (793kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan melukis dengan media lilin di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Puro 1 Karangmalang Sragen, Tahun Ajaran 2013/2014. Kreativitas merupakan salah satu yang harus diterapkan sejak usia dini. Dalam mengembangkan kreativitas pada anak dilakukan dengan salah satu cara dengan melakukan kegiatan mengenal konsep kreativitas, melukis, media lilin dengan menggunakan permainan melukis dengan media lilin. Peneliti ini merupakan penelitah tindakan kelas, sejak dalam penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Puro 1 Karangmalang Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Jumlah anak yang diteliti sebanyak 12 anak, yang terdiri dari 3 anak laki-laki dan 9 anak perempua. Peneliti ini bekerjasama dengan guru kelompok B. Data yang dikumpulkan saat observasi dan wawancara menggunakan data interval kelas. Hasil penelitian bahwa menunjukan terdapat peningkatan dalam kreativitas dengan menggunakan permainan melukis dengan media lilin dengan presentase sebelum tindakan 25,05%, siklus I 79,43% dan siklus II 86,20%.. Kegiatan pengenalan konsep kreativitas, melukis dan media lilin anak bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar. Kesimpulan dari penalitian ini adalah permainan melukis dengan media lilin dapat mengembangkan kreativitas anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi Puro 1 Karangmalang Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mengenal konsep kreativitas, melukis dan media lilin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Sep 2014 08:33
Last Modified: 19 Oct 2021 12:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30157

Actions (login required)

View Item View Item