Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Bermain Feeling Band Pada Anak Kelompok B TK Pilangsari 1 Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran

Sari, Diana Permata and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2014) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Bermain Feeling Band Pada Anak Kelompok B TK Pilangsari 1 Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (504kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (540kB)

Abstract

Kecerdasan emosional anak di TK Pilangsari 1 Gesi rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Untuk mengatasinya peneliti mengimplementasikan metode bermain Feeling Band. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak melalui bermain feeling band. Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas (PTK) yang setiap siklusnya terdiri dari “perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), refleksi (reflecting)". Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah anak dan guru TK Pilangsari 1 Gesi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan emosional melalui metode bermain feeling band. Berdasarkan hasil penelitian tindakan diketahui bahwa terjadi peningkatan kecerdasan emosional dengan penerapan metode bermain feeling band. "Pada siklus I peningkatan mencapai 13,15% dan diperoleh rata-rata penilaian anak dalam peningkatan kecerdasan emosional sebesar 56,05%" Pada siklus II peningkatan mencapai 22,10% dan diperoleh rata-rata penilaian sebesar 78,15%". Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil peningkatan kecerdasan emosional anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 42,89%, Siklus I mencapai 56,05%, Siklus II mencapai 78,15%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bermain feeling band dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak Kelompok B yang dilakukan di TK Pilangsari 1 Gesi Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, metode bermain feeling band
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Sep 2014 07:35
Last Modified: 19 Oct 2021 12:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30154

Actions (login required)

View Item View Item