Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Bowling Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi I Blimbing Kecamatan Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Yuliari, Siska (2014) Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Bowling Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi I Blimbing Kecamatan Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (651kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan media bowling pada anak di kelompok A TK Pertiwi 1 Blimbing Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK pertiiwi 1 Blimbing Sambirejo Sragen yang berjumlah 20 anak.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Adapun peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak pada prasiklus dengan nilai rata – rata kelas 1,7yang mencapai nilai ketuntasan minimal KKM 2,5 sebanyak 3 anak atau 15%, pada siklus I nilai rata – rata kelas 2,28 yang mencapai KKM sebanyak 11 anak atau 55% dan Pada siklus II kemampuan anak meningkat hingga nilai rata – rata kelas 3,0 yang mencapai KKM sebanyak 16 anak atau 80%. Dalam kegiatan pembelajaran ini menggunakan media bowling , analisis data yang digunakan dengan teknik perbanding antara hasil data dari catatan lapangan, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan media bowling dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Pertiwi 1 Blimbing Sambirejo Sragen .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :Bowling,Bermain, Bilangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2014 11:04
Last Modified: 12 Sep 2014 11:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30145

Actions (login required)

View Item View Item