Pengelolaan Pendidikan Bahasa Jawa Dalam Meningkatkan Kesantunan Berbicara Siswa Di Sekolah (Studi Kasus di MI Muhammadiyah Ngasem Tahun 2014)

Supriyanto, Danang and , Drs. Samino, M.M. (2014) Pengelolaan Pendidikan Bahasa Jawa Dalam Meningkatkan Kesantunan Berbicara Siswa Di Sekolah (Studi Kasus di MI Muhammadiyah Ngasem Tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (753kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Bahasa Jawa dalam upaya meningkatkan kesantunan berbicara siswa di MI Muhammadiyah Ngasem; (2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Bahasa Jawa dalam upaya meningkatkan kesantunan berbicara siswa di MI Muhammadiyah Ngasem; (3) Evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran Pendidikan Bahasa Jawa sebagai upaya meningkatkan kesantunan berbicara siswa di MI Muhammadiyah Ngasem. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Sumber data terdiri atas informan, tempat (peristiwa), dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Wawancara mendalam (2) Observasi (3) Dokumentasi. Untuk menguji validitas data digunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan dalam pembelajaran pendidikan Bahasa Jawa di MI Muhammadiyah Ngasem yakni dengan mempelajari silabus, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan menyiapkan materi ajar. (2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan Bahasa Jawa di MI Muhammadiyah Ngasem terbagi ke dalam aktivitas fisik berupa penyampaian materi melalui bentuk cerita, kesenian, karya tulis serta presentasi berbahasa dan aktivitas psikis berupa bentuk interaksi di kelas antara siswa dan guru melalui pertanyaan dan pernyataan. Bentuk tuturan siswa kurang santun banyak yang luput dari perbaikan dari guru. (3) Evalusi pembelajaran pendidikan Bahasa Jawa di MI Muhammadiyah Ngasem diberikan dalam bentuk penugasan secara tertulis berupa: Pekerjaan Rumah (PR), tugas harian, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Kenaikan Kelas (UKK) serta penugasan tidak tertulis berupa: penilain ketrampilan berbicara yakni lewat penilaian macapat, geguritan dan pacelathon serta penilaian langsung terhadap perilaku berbicara siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan; pembelajaran; pendidikan; bahasa jawa; kesantunan; berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Sep 2014 14:49
Last Modified: 14 Oct 2021 12:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30143

Actions (login required)

View Item View Item