Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Tournament Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Puron 03 Tahun Ajaran 2013/2014

Setiawan, Heri Bejo and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Tournament Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Puron 03 Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (16MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V melalui penerapan strategi pembelajaran Learning Tournament. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan strategi pembelajaran Learning Tournament. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri 2 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas V SD Negeri Puron 03 yang berjumlah 15 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran Learning Tournament dalam meningkatkan minat dan hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri Puron 03 Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pembelajaran IPA di SD Negeri Puron 03. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa melalui beberapa indikator, yaitu: Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran pada pra siklus sebesar 36,67% pada siklus I meningkat menjadi 51,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Memusatkan perhatian dan konsentrasi siswa pada pembelajaran pada pra siklus sebesar 38,33%, pada siklus I meningkat menjadi 53,33%, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Rajin dan ulet dalam belajar pada pra siklus sebesar 36,67%, pada siklus I meningkat menjadi 50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Menunjukkan perilaku positif pada pra siklus sebesar 40%, pada siklus I meningkat menjadi 55%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,33%. Hasil belajar juga mengalami peningkatan, peningkatan terjadi pada prosentase hasil belajar, pada kondisi awal siswa yang mencapai KKM sebesar 46,67%, selanjutnya pada siklus pertama sebesar 60%, dan pada siklus kedua sebesar 93,33%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat dan hasil belajar, strategi pembelajaran Learning Tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Sep 2014 14:19
Last Modified: 20 Oct 2021 01:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30140

Actions (login required)

View Item View Item