Peningkatan Keterampilan Membaca Lancar Aksara Jawa Melalui Strategi Scramble Kelas V SD N Dukuh 03 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014

Lestari, Fera Tri and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Lancar Aksara Jawa Melalui Strategi Scramble Kelas V SD N Dukuh 03 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca lancar aksara Jawa dan hasil belajar siswa dengan strategi scramble pada siswa kelas VA SD Negeri Dukuh 03 Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I terdiri dari dua pertemuan dan Siklus II satu pertemuan, tiap siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas VA SD Negeri Dukuh 03 Sukoharjo yang berjumlah 19 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes untuk mengukur keterampilan membaca lancar aksara Jawa siswa, dokumentasi dan catatan lapangan.Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai empat buah komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca lancar aksara Jawa siswa setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan strategi scramble. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keterampilan membaca lancar aksara Jawa siswa sebelum dan sesudah tindakan yaitu pada saat sebelum dikenakan tindakan ada 7 siswa/ 36,84 % siswa yang terampil dalam membaca lancar aksara Jawa. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 12 siswa/ 63,16 % dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 16 siswa 84,21 %. Peningkatan keterampilan membaca lancar aksara Jawa tersebut mengakibatkan peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebelum dikenakan tindakan siswa yang mencapai KKM berjumlah 7 dan pada siklus I mengalami peningkatan menjdi 12 siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui strategi scramble dapat meningkatkan keterampilan membaca lancar aksara Jawa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, membaca, aksara Jawa, strategi, Scramble
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Sep 2014 13:47
Last Modified: 20 Oct 2021 01:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30137

Actions (login required)

View Item View Item