Pengembangan Kemampuan Logika sederhana melalui Metode bercerita dengan Media Boneka Jari Pada Anak kelompok A TK pertiwi I Towangsan Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Iswanti, Iswanti (2014) Pengembangan Kemampuan Logika sederhana melalui Metode bercerita dengan Media Boneka Jari Pada Anak kelompok A TK pertiwi I Towangsan Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (613kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publkasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (931kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan logika sederhana pada anak di TK Pertiwi I Towangsan Gantiwarno Tahun Ajaran 2013/2014 melalui metode bercerita dengan media boneka jari. Karena dari 20 anak baru ada 4 anak yang kemampuan logika sederhananya cukup bagus. Penelitian ini menggunakan metode bercerita dengan media boneka jari. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di TK Pertiwi I Towangsan dengan subyek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 20 anak. Data mengenai kemampuan logika sederhana anak diperoleh melalui pedoman observasi perkembangan kemampuan logika sederhana anak yang kemudian ditabulasikan dan dicatat dalam lembar tabulasi skor perkembangan kemampuan logika sederhana,sedangkan data penerapan metode bercerita diperoleh melalui lembar hasil observasi penerapan metode bercerita dan catatan lapangan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data komparatif yaitu membandingkan hasil pencapaian anak dengan indicator yang ditargetkan. Dari analisis data menunjukkan bahwa pada prasiklus kemampuan logika sederhana anak rata-rata dalam satu kelas sebesar 36,3 % setelah dilakukan tindakan perbaikan melalui siklus I diperoleh rata-rata kemampuan logika sederhana anak berkembang menjadi 65,9 % dan setelah tindakan perbaikan siklus II menjadi 82,7 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan media boneka jari dapat mengembangkan kemampuan logika sederhana anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan logika sederhana, bercerita dengan media boneka jari.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 17 Sep 2014 06:57
Last Modified: 17 Sep 2014 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30134

Actions (login required)

View Item View Item