Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(Siswa Kelas VIII B Dan VIII C SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2013/2014)

MA’UNAH, MA’UNAH and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(Siswa Kelas VIII B Dan VIII C SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (495kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (561kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran matematika dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru matematika dan siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian adalah (1) Penerapan pendidikan karakter pada perencaaan pembelajaran matematika dapat dilihat dalam penyusunan silabus dan RPP yang berkarakter. Presentase nilai karakter yang sudah diterapkan sebanyak 22.23%, (2) penerapan pendidikan karakter pada pelaksanaan pembelajaran matematika ditanamkan melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Nilai- nilai karakter yang dapat diterapkan meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, demokratis, gemar membaca dan tanggung jawab, (3) penerapan pendidikan karakter pada evaluasi pembelajaran matematika dengan cara mengadakan post tes/ ulangan harian. Nilai- nilai karakter yang dapat diterapkan meliputi disiplin, jujur, mandiri, kerja keras, toleransi, menghargai prestasi, demokratis dan kreatif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; karakter;Pembelajaran matematika; Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 10 Sep 2014 12:35
Last Modified: 17 Oct 2021 20:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30128

Actions (login required)

View Item View Item