Pemanfaatan Media Alam Sekitar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V A SDI 07 Panjang Wetan, Pekalongan Tahun Ajaran 2013/ 2014

Balgis, Amin (2014) Pemanfaatan Media Alam Sekitar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V A SDI 07 Panjang Wetan, Pekalongan Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (654kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (212kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (864kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas V A SDI 07 Panjang Wetan, Pekalongan Tahun Ajaran 2013/ 2014 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui pemanfaatan media alam sekitar. Jenis penelitian ini PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V A SDI 07 Panjang Wetan yang berjumlah 27 siswa (13 siswa perempuan, 14 siswa laki-laki). Obyek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan .Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dengan reduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pada prasiklus nilai rata-rata kelas 66,78 dimana siswa yang mencapai ketuntasan dengan nilai diatas KKM 64 sebanyak 70,37% (19 siswa), dengan prosentase pencapaian indikator keberhasilan 33,33%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 76,54 dimana siswa yng mencapai ketuntasan dengan nilai diatas KKM 64 sebanyak 81,48% (22 siswa), dengan prosentase pencapaian indikator keberhasilan 55,56%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yang sangat drastis menjadi 85,96 dimana siswa yang mencapai dengan nilai diatas KKM 64 sebanyak 100% (27 siswa), dengan prosentase pencapaian indikator keberhasilan 85,19%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media; alam; keterampilan; menulis; karangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Sep 2014 12:05
Last Modified: 18 Nov 2019 03:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30124

Actions (login required)

View Item View Item