Peningkatan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Melalui Strategi TAI (Team Assited Individualization ) SD Negeri 1 Kedung Winong Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2013 / 2014

Wahyuni, Dwi Fiana and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Peningkatan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Melalui Strategi TAI (Team Assited Individualization ) SD Negeri 1 Kedung Winong Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran matematika melalui strategi TAI ( Team Assited Individualization ) kelas IV SD Negeri 1 Kedung Winong. Tahun 2013 / 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SDN 1 Kedung Winong, Sukolilo Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data interaktif. Aktivitas dalam analisis data yaitu (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, (4) Penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa minat belajar siswa dari pra siklus yang mencapai sebesar 20% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 56% yang meningkat lagi ke siklus II sebesar 88%. Peningkatan minat belajar ini berdampak pula pada meningkatnya hasil belajar siswa yang dapat dijelaskan dari pra siklus yang mencapai sebesar 20%, meningkat sebesar 56% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 88% berarti sudah 75% siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (> 69) sehingga sudah memenuhi indikator pencapaian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran TAI (Team Assited Individualization) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kedung Winong Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, matematika, strategi TAI (Team Assited Individualization )
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Sep 2014 11:57
Last Modified: 20 Oct 2021 01:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30121

Actions (login required)

View Item View Item